Berita Hoax yang Menggemparkan Seluruh Dunia

Belakangan ini, ada banyak sekali berita hoax yang sedang banyak-banyaknya bertebaran di sosial media dan ada banyak pula orang-orang yang termakan oleh berita hoax yang beredar tersebut. Karena penyebaran berita melalui internet itu akan sangat mudah, ada banyak orang yang membuat berita hoax itu untuk kepentingan-kepentingan pribadi atau untuk golongan tertentu.

Namun, ternyata ada beberapa berita hoax yang sempat menggemparkan seluruh dunia karena ada banyak sekali orang yang percaya terhadap berita yang belum pasti tersebut. Tidak heran juga berita ini sangat menggemparkan dunia karena ada banyak sekali teori teori yang bertebaran dan meyakinkan kalau berita tersebut benar adanya.

Megalodon Masih Hidup

Megalodon ini merupakan ikan hiu yang memiliki ukuran sangat besar lebih dari yang biasanya. Binatang laut ini merupakan ikan hiu sisa-sisa peninggalan dari dinasti Dinosaurus. Ada salah satu film dokumenter yang berjudul “Megalodon : The Monster Shark Still Lives rilis di tahun 2013” film ini menceritakan bahwa mereka menemukan ikan hiu jenis megalodon yang masih berkeliaran di laut lepas dan mengancam nyawa orang-orang yang sedang meneliti tersebut. Pada film dokumenter tersebut terlihat ada beberapa adegan yang dimana mereka mencoba untuk menemukan hiu megalodon. Padahal mereka ini sudah menjelaskan bahwa ada beberapa bagian yang sengaja di dramatisir namun orang-orang yang menonton nya  menganggap bahwa kejadian tersebut benar-benar terjadi di dunia nyata. Dan banyak juga yang kemakan hoax tersebut.

Crop Circle

Berita yang satu ini pun tidak kalah menggemparkannya karena ada berita bahwa ada crop circle hasil buatan alien yang datang berkunjung ke bumi untuk mereka singgah di bumi. Padahal crop circle ini hanya buatan orang orang yang iseng saja yang sengaja menyebarkan berita hoax tersebut ke orang orang agar banyak orang yang termakan berita hoax tersebut lalu mereka akan mendapatkan keuntungan dan juga mendapatkan kepuasan telah menipu banyak orang.

Otopsi Alien

Alien Autopsy ini merupakan film yang dirilis pada tahun 1947 namun film ini baru dibesarkan pada tahun 1995. Film alien autopsy ini menunjukan sebuah video yang dimana ada alien yang dibedah oleh dokter yang ada pada saat itu. Berita hoax ini sempat banyak orang yang percaya akan hal itu, tetapi yang membuat film tersebut telah mengakui bahwa film yang ia buat hanyalah rekayasa saja, hal ini hanya untuk sebuah film saja yang mereka buat bukan mereka mengotopsi alien beneran.

Pacar palsu Manti Te’o

Mungkin saja masih banyak yang belum mengetahui siapa itu Manti Te’o, jadi Manti Te’o ini adalah seorang pemain football yang sangat terkenal. Berita yang ia buat sendiri ternyata berita hoax, berita tersebut memberitakan kalau ia telah mengumumkan bahwa pacarnya ini telah meninggal karena penyakit yang pacarnya derita yaitu kanker. Namun, ada banyak orang yang mengusut berita tersebut dan pada akhirnya banyak yang menemukan bahwa Manti Te’o ini sebenarnya tidak memiliki pacar. Dan wanita yang ia akui sebagai pacarnya itu hanya foto yang ia tidak sengaja temukan di internet.

Balloon Boy

Ada sebuah berita yang menggemparkan dunia lain nya yaitu seorang yang bernama Richard and Mayumi Heene membiarkan balon gas yang berwarna abu-abu itu untuk terbang ke angkasa dan ia juga berkata bahwa anak mereka yang bernama Falcon ini berada di dalam balon gas tersebut lalu ikut terbang ke angkasa bersama balon tersebut. Ketika balon udara tersebut mendarat, ternyata di dalam balon tersebut tidak ada Falcon di dalamnya. Orang tua mereka juga mengatakan bahwa bisa saja anaknya Falcon ini terjatuh di udara, tetapi para awak media ini telah menemukan bahwa Falcon ini sedang bersembunyi di rumahnya. Belum diketahui apa maksud orang tuanya ini menyebarkan berita hoax ke orang orang dan juga awak media.

Foto turis di gedung WTC

Setelah peristiwa yang sangat tragis pada tanggal 11 September, tiba-tiba ada foto yang muncul di internet. Dalam foto tersebut ini menunjukan ada seorang pria yang sedang berdiri tegang di atas atap pada gedung WTC beberapa detik sebelum terjadi tabrakan pesawat. Banyak juga orang yang mempercayai pria ini adalah salah satu korban dari peristiwa yang tragis ini. Padahal fakta yang sebenarnya terjadi itu tabrakan pesawat itu terjadi di jam 08:45. Sementara pintu untuk naik ke atapnya di buka pada jam 09:30. Dan pesawat yang ada di foto tersebut bukanlah pesawat yang menabrak gedung tersebut.

Drama radio War of the Worlds

Pada tahun 1938-an, sutradara dari radio Orson Welles telah menyiarkan sebuah drama hasil karya Herbert Wells yang berjudul The War of the Worlds. Drama tersebut berisikan tentang serangan yang terjadi di bumi oleh makhluk asing. Dan makhluk asing itu yang menyerang bumi hingga hancur dan banyak memakan korban karena makhluk asing tersebut ingin menguasai bumi

Sejak awal, Orson Welles ini telah mengumumkan bahwa drama itu hanya cerita fiktif belaka saja. Namun ada beberapa dari pendengar berita tersebut sudah terlanjur mempercayai nya bahwa akan ada serangan makhluk asing ke Bumi lagi untuk menguasai bumi. Kericuhan ini pun sempat terjadi sehingga Presiden Roosevelt ini ikut turun tangan untuk menenangkan para warganya.

Kemunculan peri dalam foto The Cottingley Fairies

The Cottingley Fairies ini merupakan sebuah seri fotografi yang pada saat itu dijepret pada tahun 1917 dan juga tahun 1921. Di dalam foto tersebut ada penampakan peri bersama dua gadis yang ada di taman. Foto itu sebenarnya hasil olahan dari penata ruangan (tetapi bukan hasil Photoshop), tapi ada banyak orang yang percaya kalau peri yang ada di foto tersebut itu benar-benar ada.

Musnahnya gen rambut pirang

Pada tahun 2002, BBC ini telah mempublikasi sebuah artikel yang memberitakan bahwa setiap tahun semakin sedikit orang yang terlahir dengan rambut pirang. Disinyalir kira kira 200 tahun lagi akan tidak ada orang yang berambut pirang lagi yang ada di peradaban. New York Times kemudian mengumumkan bahwa berita tersebut ada kekeliruan. Namun info hoax ini sudah terlanjur merebak ke seluruh penjuru.

Hilangnya tengkorak evolusi

Pada tahun 1912, seorang arkeolog yang bernama Charles Dawson mengaku bahwa telah menemukan sebuah tengkorak dari rantai evolusi yang telah menghilang. Rantai evolusi yang hilang ini akan merujuk kepada teori nya Charles Darwin.

40 Tahun kemudian para ilmuwan ini mengungkapkan kalau tengkorak yang ditemukan oleh Dawson ini merupakan tengkorak milik seekor primata yang berjenis Orangutan. Dan tentu saja kalau berita yang disebarkan bahwa ia menemukan tengkorak pada evolusi yang telah hilang ini adalah hanya berita hoax saja yang Dawson sebarkan.

Hantu Abraham Lincoln dalam Foto

Di akhir abad ke-19 ini, ada seorang fotografer yang bernama William Mumler yang menemukan teknik baru dalam dunia fotografi yang ia lakoni. Ia akan membuat foto orang yang sudah meninggal seolah-olah muncul kembali dalam wujud seperti hantu.

Hasil karya fotografer New York ini yang paling menjadi fenomenal adalah foto nya Mary Todd Lincoln yang pada saat itu berdampingan dengan suaminya Abraham Lincoln. Pada foto ini selanjutnya dipercaya sebagai penampakan hantu dari Abraham Lincoln.