Cara Sembuh dari Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah

Jumlah dari para penderita yang dinyatakan positif Covid-19 sekarang ini masih menunjukkan grafik yang terus meningkat. Ini berarti angka penambahan mereka yang telah terpapar virus Corona sekarang ini masih belum terhenti. Apalagi dari sejumlah mereka yang telah dinyatakan positif Covid-19 ternyata sebagian besarnya terjadi tanpa adanya gejala. Jenis penderita inilah yang nantinya akan sangat beresiko tinggi menularkan ke orang lain. Ini karena mereka akan tetap beraktivitas seperti biasa, karena tubuhnya yang tidak merasakan sakit, padahal secara tidak sadar mereka sudah terinfeksi Covid-19.

Cara Sembuh dari Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah

Bagi penderita positif Covid-19 yang tergolong tanpa gejala, penanganannya pun sebenarnya tidak perlu dirujuk ke rumah sakit, cukup dengan melakukan sebuah isolasi mandiri di rumah yakni selama 14 hari. Tidak hanya untuk yang tanpa gejala saja, mereka yang positif Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang pun, juga disarankan cukup melakukan sebuah isolasi dan perawatan secara mandiri di rumah.

Selama isolasi mandiri yang di lakukan di rumah selama 14 hari, bukan berarti hanya berdiam diri saja. Tetapi ada sejumlah tindakan dan juga perawatan yang nantinya harus dilakukan agar nantinya dapat sembuh dari Covid-19.

Tentunya juga harus melakukan berbagai macam protokol kesehatan yang berlaku selama di rumah, agar nantinya anggota keluarga yang lainnya tidak tertular. Apa saja kah yang nantinya harus dilakukan selama menjalani sebuah isolasi mandiri di rumah agar nantinya dapat membasmi virus Corona yang ada di dalam tubuh? Ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan dan juga telah direkomendasikan oleh National Health Service Britania Raya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan sebuah imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan sebuah tindakan yang wajib untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar virus Corona nantinya tidak berkembang biak di dalam tubuh dan bahkan bisa dilenyapkan oleh sistem imun yang ada di dalam tubuh manusia. Cara meningkatkan sistem imunitas tubuh yaitu dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Seperti dengan mengonsumsi sayur dan juga berbagai macam buah-buahan, serta jenis makanan dan minuman lain sehingga nantinya dapat terpenuhi kebutuhan gizi empat sehat lima sempurna. Selain itu juga hindari pola hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi alkohol, tidur dan juga beristirahat dengan cukup, serta menghindari stress. Jangan lupa juga untuk berjemur pada pagi hari saat matahari nantinya masih hangat.

Obati Gejala yang Muncul
Jika selama menjalani isolasi mandiri tubuh nantinya akan mengalami gejala Covid-19, seperti suhu tubuh yang akan naik, demam, batuk, sakit tenggorokan, segera obati gejala-gejala tersebut. Yaitu dengan mengkonsumsi berbagai obat-obatan yang nantinya bisa menurunkan gejala tersebut. Jika mendesak, bisa dengan menghubungi pelayanan kesehatan terdekat anda, seperti puskesmas ataupun juga rumah sakit. Tidak lupa dibarengi dengan banyak beristirahat.

Melindungi Paru-paru

Virus Corona merupakan sebuah jenis virus yang akan menyerang paru-paru. Seperti halnya yang juga Dikutip dari The Guardian, dokter spesialis penyakit menular yang bekerja di Liverpool School of Tropical Medicine, Tom Wingfield. Dimana dirinya menyebutkan hal yang paling penting untuk memulihkan tubuh dari gejala virus corona yakni melindungi paru-paru. Lebih lanjut dirinya juga mengatakan cara melindungi paru-paru sangat mudah yakni hanya dengan berhenti merokok dan juga menghindari asap rokok, dan berolahraga secara rutin.

Menjaga Tubuh Jangan Dehidrasi

Mengonsumsi air agar nantinya tubuh tidak dehidrasi juga penting untuk dapat dilakukan. Ini karena salah satu cara yang dapat di gunakan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh serta juga sebagai cara untuk dapat memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu, dengan minum juga bisa membuat tubuh selalu dalam keadaan yang segar.

Berapa banyak kah nantinya air yang harus dikonsumsi setiap hari? Sebenarnya hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari tubuh seseorang. Misalnya saja orang yang lebih banyak mengeluarkan keringat tentunya mereka akan membutuhkan konsumsi air yang nantinya lebih banyak. Tapi untuk kondisi standar, banyak ahli kesehatan akan menyarankan untuk minum setidaknya 3 liter air dalam sehari.

Mengonsumsi Suplemen Kesehatan

Pentingnya untuk mengkonsumsi berbagai macam suplemen kesehatan yang digunakan untuk dapat membantu meningkatkan imunitas yang ada di dalam tubuh. Namun, dalam mengkonsumsi suplemen, tentunya harus memperhatikan dosis. Ini karena jika suplemen yang nantinya dikonsumsi melebihi dari batas yang telah ditentukan, justru akan memberikan sebuah pengaruh buruk bagi tubuh.

Untuk melakukan berbagai macam perawatan tersebut, tentunya bukan sebuah hal yang mudah, perlu bantuan orang lain untuk melakukannya. Terlebih saat kondisi tubuh terpapar Covid-19, ini membuat anggota keluarga yang lain juga akan menjaga jarak agar tidak tertular.

Namun jangan khawatir, kini ada layanan kesehatan di rumah yang akan merawat Anda selama anda sedang melakukan isolasi di rumah, yaitu layanan Corona Care. Ini adalah sebuah layanan khusus penderita Covid-19 dengan gejala ringan sampai dengan sedang dengan pelayanan perawatan di rumah pasien.

Apa yang harus dilakukan jika tinggal dengan OTG?

Pada pertengahan tahun April 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona juga telah mengingatkan agar masyarakat waspada dengan penularan dari virus corona dari orang-orang yang memang tanpa gejala. Di sejumlah daerah, ditemukan beberapa kasus mereka yang positif Covid-19 tertular dari orang yang tidak menunjukkan sebuah gejala terinfeksi virus corona, tetapi saat diuji dengan swab statusnya positif. Lantas apa yang nantinya harus dilakukan apabila terdapat tetangga atau anda tinggal serumah dengan orang dengan yang berstatus OTG?

Mereka yang berstatus sebagai OTG, ODP maupun juga PDP jangan didiskriminasi. Ketika ada seseorang OTG yang tengah melakukan isolasi mandiri, sesungguhnya mereka tengah melindungi orang lain agar nantinya tidak tertular. Oleh karena itu, membantu kebutuhan mereka ketika melakukan sebuah isolasi mungkin dapat dilakukan.

Misalnya saja, dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena mereka pastinya tidak akan diperbolehkan untuk keluar rumah, atau kebutuhan lainnya. Selain itu, berikan sebuah dukungan moral agar nantinya dapat semangat sembuh bisa dilakukan dengan cara menyapanya melalui aplikasi pesan tertulis atau dengan cara menghubunginya melalui sambungan telepon.

Demikian itulah beberapa langkah awal yang dapat digunakan saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Ketika terkena virus Corona namun tanpa memiliki gejala, tugas anda adalah mengisolasi diri dirumah, dengan begitu anda telah memutus rantai penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, penggunaan masker menjadi sebuah hal yang paling penting ditaati oleh masyarakat.

Karena tidak bisa mendeteksi mereka yang sehat ataukah pembawa virus. OTG harus melakukan swa karantina dan isolasi mandiri seperti Tinggal di rumah, jangan bepergian Tidak menerima tamu dan Tetap berjarak ketika berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain.