Virus-Virus Yang Sempat Gemparkan Dunia

Saat ini, virus yang bernama Corona atau COVID-19 sedang menjadi pusat perhatian oleh dunia. Berasalkan langsung dari sebuah Negara yakni China, di wilayah Wuhan menjadi sebuah virus baru yang sudah menyebar keseluruh Negara yang ada. Salah satunya Indonesia dan juga menyerang Amerika Serikat dengan banyak sekali menajtuhkan para korban. Termasuk lagi di benua Eropa, lebih tepatnya di Negara Itali juga menghabiskan ribuan orang meninggal akibat terserang virus tersebut.

Virusnya ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu pada bulan Desember, dan di bulan Januari 2020 lah menjadi kemunculan terbesar dari virus tersebut. WHO selaku organisasi kesehatan dunia ini sudah mengidentifikasikan bahwa virus ini sebagai virus 2019-nCoV.

Dari beberapa data memang langsung bermunculan di pertam kalinya, pada kesehatan China sudah menyebutkan virus ini bisa langsung menyebar dari manusia ke manusia dengan menyebabkan adanya Pneumonia atau dikenal dengan radang paru-paru yang parah. Selain dari virus ini, ternyata ada juga beberpa virus lainnya yang memang sempat menggemparkan dunia. Berikut ini adalah kejelasan artikelnya.

Virus Yang Sempat Gemparkan Dunia

~ Virus Flu Burung

Dilansir oleh salah satu media, bahwasannya Flu Burung ini pertama kalinya sudah ditemukan langsung di sebuah Negara Italia sejak tahun 1878. Akan tetapi, baru muali terkenalnya di dalam sebuah wabah yang memang besar dan langsung melanda adanya peternakan ayam di Negara Amerika Serikat di tahun 1924 sampai 1925. Dimana saat itu Flu Burung ini memang masih bisa untuk menular diantara adanya sebuah ungags dan juga belumlah terjadi pada hewan-hewan yang lainnya juga.

Terlansir di tahun 1997, mengenai flu burung ini memiliki tipe H5N1 yang mulai langsung menjangkiti adanya sebuah peternakan ayam yang berada langsung di Hongkong. Dalam kurun waktu 2 bulanan, flu ini barulah melakukan penularan ke seorang anak laki-laki dengan usia 3 tahunan. Mengenai obat ?… belum ditemukan, sehingga anak yang terjangkit pun harus meninggal dunia. Selain itu sudah ada 17 orang yang terjangkit virusnya yang berada di Hongkong pada bulan Desember 1997 dn pemerintah juga mulai untuk membinasakan adanya 1,5 juta ayam yang ada.

Virusnya sendiri menyerang Radang Selaput Otak. Dan dari 17 orang ini, 5 dianataranya sudah meninggal dunia, dan yang terjadi totalnya 6 orang yang meninggal dunia. Tahun 2003 H5N1 sempat menyerang Negara Hong Kong serta menularkan 2 orang yang kemudian 1 orangnya meninggal dunia. Virus ini bisa berubah menjadi sebuah subtype virus sehingga nantinya bisa menular ke spesies lainnya yang termasuk ke manusia juga.

dan tercatat juga di tahun 2004 pada bulan Januari akhir, di Indonesia sendiri sudah terjangkit flu Burung dengan menyebabkan adanya sebuah kematian dengan 10 juta ayam petelur. Dan penyakit ini memang sudah di mulai sejak tahun 2003 dan tepat di bulan Oktober mengenai kematian ayam petelur di Indonesa sudah terjadi langsung di Jawa Timur.

~ Virus Flu Babi

Virus ini ditemukan langsung dinegara Meksiko, Amerika Serikat, Selandia Baru, Israel serta Perancis pada tahun 2009 silam. Dalam hal ini, pemerintah sudah mengambil beberapa langkah dan Jepanglah langsung untuk memperketat adanya pemeriksaan pada penumpang dari Meksiko yang nantinya turun di bandara Internasionalnya itu. da

Mengenai petugas karantina, memang sangatlah giat untuk membagikan adnaya maske untuk menutupi bagian hidung serta bagian mulut dan juga memakai adanya teknologi pada kamera pemindai pada panas tubuh terhadap para penumpang ntuk bisa memastikan adaya sebuah gejala-gejala flu atau juga gejala demam.negara lainnya seperti Korea Selatan, China serta Taiwan juga melakuakn kebijakan yang sama terhadap virus yang satu ini.

WHO sendiri juga sudah langsung menyatakan adanya langsung pandemic dari Influenza A-H1N1 yang memang sudah bergerak ke seluruh penjuru dunia dnegan memiliki seuah kecepatan yang luar biasa di luar dari pemikiran. Untuk Flu Babi ini sendiri masuk ke Indonesia memang langsung melalui para wisatawan yang memang  sedang pergi ke daerah yang terjangkit Flu tersbut.

~ Virus Cacar Monyet

Pada bulan Mei tahun 2019 lalu, Singapura untuk pertama kalinya melaporkan adanya kasus mengenai Cacar Monyet atau Monkeypox pada bulan Mei 2019 lalu. Penyakitnya sendiri memang sudah di bawa langsung oleh seorang pria dengan usia 38 tahun yang berasalkan langsung dari Negara Nigeria. Mengenai gejala yang dialami seperti adanya Demam, lalu benjolan pada kulit-kulit, adanya nyeri otot dan juga kedinginan yang melanda. Penyakit ini sendiri menjadi penyakit yang berasal langsung dari Negara Afrika Tengah dan juga Afrika Barat. Kurang lebih ada 23 orang sedang melakukan kontak dengan pria tersebut dan mereka yang berada langsung di Singapur akan mendapatkan masa karantina selama 21 Hari.

Terlansir pada tahun 2019 di bulan Mei lalu, kasus dari Cacar Monyet ini untuk pertama kali mendapatkan sebuah laporan tahun 1970 menjadi tahun Republik Demokratik Kongo ada tersebar kasus tersebut.

Di tahun 2003 silam juga kasus ini terlaporkan di Negara Amerika Serikat dengan mengakibatkan adanya manusia dengan Praire Dog. Atau di jelaskan menjadi hewan pengerat makanan rumput yang memang sudah terinfeksi langsung dari adanya tkus Afrika. Virus ini sebenarnya terjadi karena adanya penularan dari Monyet, lalu dari tikus gembia dan juga tupai.

~ Virus SARS

Severe Acute Respiratory Syndrome menjadi sebuah syndrome pada pernapasan yang parah. Penyebaran dari virus ini memang memicu sebuah kepanikan di mana-mana. Akibat dari virus ini, banyak sudah orang-orang untuk membatalkan adanya kunjungan ke Negara-negara yang terjangkit virus tersebut.

Di beberapa daerah juga menurut catatan WHO telah terjangkit virus tersebut. Yakni di daerah Beijing, Guangdong, Shanxi dan juga Hongkong yang berada di Negara China. Ada juga Negara Taiwan, Vietnam, Kanada serta Singapura.

Kasus SARS untuk pertama kalinya ada di dunia ini sudah tercatat di daerah Guangdong tahun 2002 silam. Penyakitnya sekilas mirip dengan flu yang langsung memakan korban jiwa sebanyak 349 orang di China, 774 orang di Negara-negara lainnya. Mengenai orang terinfeksi sampai 8.000 orang. Mengenai gejala dari SARS ini sendiri dimulai dari adanya demam, lalu suhu badan sudah mencapai diangka 38°C dengan ditambah adanya batuk-batuk dengan tipe kering, sesak napas dan juga sudah pernah langsung berkontak dengan para penderitanya di Negara yang terkena kasus SARS ini.

~ Virus Ebola

Virus Ebola adalah salah satu virus parasit paling berbahaya dan juga mempunyai sifat menular. Bila kalian tertular maka 90% dapat dipastikan akan membawa kematian. Virus ini adalah virus yang paling berbahaya dan mematikan, virus ini dapat membunuh korbannya dalam hitungan hari.

Virus Ebola termasuk salah satu dari virus penyebab demam berdarah. Gejala yang muncul ketika terkena virus ini adalah demam, diare, pendarahan, dan juga muntah – muntah.

Dilansir dari salah satu situs, pada 3 Juli 2014. Virus Ebola sudah merebak di Negara Afrika pada januari 2014. Tetapi WHO menyebutkan bahwa pertama kali virus ini teridentifikasi di Republik Demokratik Kongo dan juga Zaire pada 1976. Setelah 6 bulan berlalu pada Januari 2014 di laporkan bahwa 500 orang tewas dan juga jumblah korban terus melonjak.

Dilansir dari sala satu situs bahwa, pada tanggal 15 januari 2016 virus Ebola telah memakan korban jiwa kurang lebih 11.000 orang di seluruh Afrika Barat sesudah muncul di Guinea bagian Selatan pada Desember 2013.

WHO mengumumkan bahwa pada 14 Januari 2016 Virus Ebola yang melanda Afrika Barat selama 2 tahun telah hilang. Negara Liberia adalah Negara terakhir yang terkena virus Ebola dan kini sudah dinyatakan bersih dari virus Ebola.